Rabu, 19 Desember 2012

ISOLASI ALKALOID DARI AKAR TUBA BIJI (ANAMIRTA COCCULUS (L.) W.& A.)


ISOLASI ALKALOID DARI AKAR TUBA BIJI (ANAMIRTA COCCULUS (L.) W.& A.)
Created by :
WITJAKSONO, ARIS ( 1841400034 )
Subject:               Alkaloids
Alt. Subject :      alkaloid
Keyword:            Isolasi alkaloid
tumbuhan Anamirta cocculus(L.) W. & A. (Tuba biji)
etanol

Description:
Isolasi alkaloid dari akar tumbuhan Anamirta cocculus(L.) W. & A. (Tuba biji) dilakukan dengan cara ekstrasi kontinu menggunakan pelarut etanol, dan hasil ekstraksi dipekatkan. Hasil pemekatan diekstraksi dengan heksana. Fasa etanol yang diperoleh diuapkan dan ditambah HCl 2 N selanjutnya di tambah NH4 OH sampai PH = 9 kemudian diekstraksi dengan toluen. Fasa anorganik yang diperoleh dari ekstraksi ini diekstraksi kembali dengan kloroform. Hasil ekstraksi dengan kloroform ditambah HCl 2 N, fasa. anorganik yang diperoleh dibasakan dengan penambahan NH40H kemudian diekstraksi dengan kloroform. Ekstrak kloroform dipekatkan sampai terbentuk krud. Krud yang diperoleh dilakukan kristalisasi dengan menggunakan pelarut aseton-air (3:1) didapatkan kristal alkaloid berupa jarum berwarna putih. Titik leleh kristal 165 - 167 C, sedangkan hasil kromatografi lapis tipis diperoleh senyawa dalam bentuk satu komponen. Dari spektra inframerah dan ultraviolet menunjukkan adanya gugus fungsi 0=0, c-o, N-H, C-H dan serapan pada panjang gelombang maksimum 285 nm dan 305 nm.

1 komentar:

  1. Masalah
    Pada artikel diatas tumbuhan Anamirta cocculusdi ekstraksi dengan pelarut etanol, kemudian hasil ekstraksi tersebut dipekatkan dan hasil pemekatan tersebut diekstraksi lagi dengan heksana.
    Yang saya ingin tanyakan apa kegunaan dari pemekatan tersebut dan mengapa setelah dihasilkan pemekatan diekstraksi lagi dengan heksana, apa pengaruh heksana dalam ekstraksi tersebut?

    BalasHapus