Rabu, 03 April 2013

Laporan SPECTRONIC-20


Instrumentalis Analis SPECTRONIC 20



SPECTRONIC 20
Alat spectronic 20 ini mempunyai rentang panjang gelombang dari 340 nm sampai 600 nm. Larutan yang berwarna dalam tabung reaksi khusus dimasukkan ke tempat cuplikan dan absorbansi atau persen transmittan dapat dibaca pada skala pembacaan.
Sistem optic dari alat ini dapat digambarkan sebagai berikut :
Sumber cahaya berupa lampu tungsten akan memancarkan sinar polikhromatik. Setelah melewati pengatur panjang gelombang, hanya sinar yang monokhromatik dilewatkan ke larutan dan sinar yang melewati larutan dideteksi oleh fotodetektor.

Penggunaan Spectronic 20 :
  1. Nyalakan alat spectronic 20 dengan tombol 1 (gambar 1.1) bila aliran listrik sudah dihubungkan dengan arus AC 220V. Nyala merah dari lampu indicator (3) menandakan adanya arus yang mengalir. Biarkan kurang lebih 15 menit untuk memanaskan alat.
  2. Pilih panjang gelombang yang akan dipakai dengan cara memutar pengatur panjang gelombang (4)
  3. Atur meter ke pembacaan 0% T dengan memutar tombol (1)
  4. Masukkan larutan blanko (biasanya aquadest) dalam tabung khusus ke tempat cuplikan (2)
  5. Atur meter ke pembacaan 100% T dengan memutar tombol (5)
  6. Ganti larutan blanko dengan larutan cuplikan dan baca absorbansi atau persen transmittan yang ditunjukkan oleh jarum pada pembacaan A/T (6)
  7. Kalau sudah selesai pengukuran padamkan alat dengan menggunakan tombol (1)


 SUMBER/REFERENSI

https://www.google.com/search?q=spectronic-20&hl=en&client=firefox&hs=5QB&rls=org.mozilla:en-US:official&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=zJZcUbLFNYzLrQey5YHICQ&ved=0CDEQsAQ&biw=1366&bih=560

http://en.wikipedia.org/wiki/Spectronic_20

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar